Feb 6, 2011

Menikmati Hidup

Yesterday is history.. Tomorrow is a mystery.. but today, is a gift.. (Kungfu Panda)


Hidup terkadang aneh, sulit diartikan, punya kejutan-kejutan tersendiri didalamnya, banyak keajaiban yang sudah terlewati dan banyak juga tragedy yang harus dilalui. Ada saat kita berada dipuncak, penuh kebahagiaan, penghargaan dan pujian. tapi kemudian ada juga saat kita merasa sangat dibawah, terpuruk, tapi ya begitulah hidup… jangan pernah menyerah saat keburukan itu datang.. karena hidup adalah roda pedati yang terus berputar.. jangan pernah berhenti dan mengambil kesimpulan dari hidup. Yang bisa kita lakukan hanyalah menikmati setiap episode hidup yang ditawarkan kepada kita.




Ada kisah yang berkesan yang aku baca dari sebuah majalah, lupa namanya (maaf ya yang punya majalah ^.^v, Miss J memang orang yang pelupa) . Kalo ga salah, begini kisahnya:



Ada seorang petani yang hidup sederhana dan bahagia, tetangganya dikampung sangat menyukainya, dan ingin seperti dia yang selalu merasa bahagia. Petani ini mempunyai seekor kuda yang sangat bagus. Orang2 dikampungpun sangat menyukai kudanya, bahkan sampai terdengarlah berita tentang kuda ini di kerajaan. Sang raja yang penasaran kemudian mengutus pengawalnya untuk membeli kuda petani ini, tapi pak tani itu berkata:


“Kuda ini sudah saya anggap seperti keluarga saya,saya tidak akan pernah menjualnya” pengawal istana pun pulang dengan tangan hampa. Para tetangga dikampungnya itupun berkata:


“ah, dasar pak tani bego’, masa raja mau beli kudanya mahal-mahal tidak mau dijual. Kalau tidak sekarang ia pasti sudah kaya, dan bisa membuat rumah yang bagus.” Pak tani itu mejawab:


“eits, jangan mudah mencari kesimpulan, ini mungkin baru lembar pertama yang kalian baca.” Besok hari, kuda pak tani lepas dari kandang, entah kemana perginya, ditunggu samapi sore pun tak pulang2. Maka kembali lah orang2 kampung ribut.


“Tuh kan, pak tani memang bego ya, jadi rugi dia, tu kudanya hilang, coba kmrn dijual, sekarang jadi ilang, rasain tuh.” Pak tani itupun menjawab:


“Jangan dulu ngambil kesimpulan gitu, kalian baru membaca beberapa lembar halaman hidupku”. Seminggu kemudian, kuda pak tani pulang ke kampung, dan yang mengagetkan, kudanya itu membawa serta beberapa kuda liar lain sampai masuk kekandangnya. Orang2 kampungpun berkata:


“Wah, benar juga ya kata pak tani itu, sekarang dia sudah lebih kaya, kuda2nya jadi bertambah banyak. Kalau dijual semua kaya raya tu pak tani. Tapi kata pak tani kemudian menjawab lagi:


“Jangan mengambil kesimpulan terlalu cepat, masih bayak hal lain yang mungkin akan terjadi.” Dan saat pak tani mulai menjinakkan kuda-kuda liar itu, tanpa sengaja kuda itu menginjak kaki anak pak tani, sehingga lumpuhlah sebelah kaki anak pak tani itu.


“Dasar sial ya pak tani itu, baru dapat rezeki banyak seperti itu, eh, malah kehilangan” kembali orang-orang kampung menggosip. Pak tani berkata lagi:


“ Gapapa, terkadang setiap kejadian itu pasti ada hikmahnya, kita saja yang belum tau, atau tak akan pernah tau, tokh ini hanya baru sebagian dari episode hidup aku” Jawab pak tani. Setahun berlalu, dan tiba2 kerajaan mengumumkan bahwa akan terjadi perang lagi, dan menyruh setiap pemuda dinegeri itu untuk ikut berperang. Setiap orang tua dikampung itupun mulai cemas, karena biasanya jarang ada yang bisa pulang dengan selamat, tapi beruntunglah pak tani itu, karena pemuda yang ada cacat tidak boleh ikut berperang. Dan orang-orang kampungpun berkata:



“Memang benar juga apa yang dikatakan pak tani itu setahun lalu, sekarang kita mencemaskan hidup mati anak kita, tapi beruntung baginya, karena anaknya tidak boleh ikut berperang.”




Begitulah hidup, saat kita ditimpa kesenangan, bahkan keburukan, janganlah cepat mengambil kesimpulan, masih banyak hal-hal didepan yang akan kita terima, jadi ya nikmati saja hadiah yang diterima hari ini, saat ini, detik ini. Lakukan saja apa yang terbaik yang bisa kita lakukan hari ini, saat ini, detik ini. Selalu saja mengingat-Nya, karena tokh pada akhirnya kita akan kembali kepada-Nya lagi. (MJ Ustadzah mode on :D)


Have a Nice Day.. Enjoy Your Life!

40 komentar:

dv said...

bener banged tuh..kadang klo lagi terpuruk kita pasti menyesali terus menerus padahal ada rencana lain dibalik kegagalan kita..Tuhan memang maha adil :)

Zainul Abidin said...

kunjungan perdana, semoga bisa menyambung tali silaturrahim.

1. saya ingin komentarin blognya, keren banget, saya suka blog Anda
"eit, jangan membuat kesimpulan dulu, itu baru lembar pertama Anda liat blog saya", hehe...

2. Tulisan dan kisahnya juga keren. Saya suka cara Anda menyampaikan.
"eit, jangan baut kesimpulan dulu, itu baru lembar kedua anda liat blog saya"...piss....

Salam kenal dari Sidoarjo

Skydrugz said...

yap...jgn cepat mengambil kesimpulan... LD

krn semua hal bisa berubah secepat air mengalir

MJ said...

@dv: iya dev, membaca blog teman kmrn. manusia itu punya ciri khas:
saat ditimpa kesusahan, dia bertanya: knp harus aku??
tapi saat ditimpa kesenangan, ga pernah bertanya: knp harus aku??? hehe. ^.^

@Zainal: haha, saya juga suka baca komentar anda.
"eit, jangan membuat kesimpulan dulu, ini baru sekali saya komentarin blog anda" hehe, ^.^v

Salam Silaturahim juga... :)

MJ said...

@Skydrugz: betul! satujuh masss..

Mr TM said...

Bersyukur terhadap apa yg sudah kita dapatkan memang jauh lebih baik, ketimbang harus larut d dlm sebuah keinginan yg tidak jelas...

Banyak pelajaran yg bs kita ambil sisi positifnya dr kisah di atas....

MJ said...

@Mr TM: Bersyukurlah.. maka akan Aku tambah nikmatmu (QS) thanks Mr TM.. :)

primeedges said...

Yup, terkadang kita mengalami hal yang kita anggap buruk, padahal mungkin itu adalah yang terbaik saat itu, atau di kemudian hari... no regret or be disappointed, optimis! :D salam kenal

Teguh Bayu said...

Salam kenal ya

Gaphe said...

kadang suatu hal yang buruk menurut kita belum tentu buruk menurut Alloh, dan sebaliknya..

memamng sesuatu hal yang terjadi ke kita itu sudah ada maksudnya, tinggal bagaimana bersyukurnya.

MJ said...

@Primeedges: iya, banyak rahasia dalam tiap hal. Salam kenal juga Prime,, kya nama transformes ya.. :)

@Teguh Bayu: Yo a.. :)

@Gaphe: iya mas, betul betul... :) thanks.

chiekebvo said...

yang penting sey kita harus selalu bersyukur,klo pun terkena musibah,yakin kalo yang DiAtas tidak akan memberikan cobaan melebihi kemampuan kita. :)
#SokWise

chocoVanilla said...

Nice share, MJ :D

Sudah sifat manusia untuk mengeluh jika kesusahan dan lupa bersyukur jika mendapat kesenangan. So, mari kita insap sebelum segalanya terlambat. Bersyukur setiap hari :D

(ikut2an jadi ustadzah nih :D )

kisah abu nawas said...

salam sob
hidup harus dinikmati sesuai dengan aturan yang ada.
agama dan negara

giewahyudi said...

Iya saya suka tampilan blog ini, seger.. nah ini bisa mengurangi beban hidup deh.. :)

Dulu pernah punya theme seperti ini tapi warnanya kuning, sudah ganti karena telalu ngejreng,

joe said...

dan selalu berprasangka baik kepada Tuhan, sebab Dia yang menentukan jalan hidup kita

MJ said...

@Chieke: iya ke, yang tidak membunuhmu akan membuatmu lebih kuat,, begitu katanya..

@Choco: Amiiinn, semoga... kyanya lebih senio mbak deh ustadzahnya :)

@Kisah Abu Nawas: dan sesuai aturan Tuan harun Al Rasyid ya.. hehe.

MJ said...

@giewahyudi: o ya?? walaa,sayang dituker ,kalo ga kan ketemu kembaran :) makasih mas gie..

@Joe: iya mas, makasih nasehatnya, semoga selalu ku inget.. :)

wits said...

iya deh, saya setujuuuuuuuuuuuuuuuuu sekali dg tulisannya. eits, kyanya saya jg pernah denger d ceritanya, tp ya itu..lupa, hehehe.

template baru nih, keren. salam

masyhury said...

Wah.. soal rejeki memang gak bisa di tebak yua.. :D
Kesenangan belum tentu berakhr dgn baik,,

Edo said...

Hmmm...,

setiap kejadian pasti ad hikmahnya...,

terima kasih...,

MJ said...

@Wits: setujunya panjang bener wits, apa tuts u nya lagi macet yach,hehe,,peace ^.^v Makasih banyak ya wits..

@Masyhury: hehe, iya mas.. dan kepahitan juga belum tentu berakhir dengan buruk.. :)

MJ said...

@Edo: iya do,, so just.. enjoy your life ^_^

mas jacK said...
This comment has been removed by a blog administrator.
MJ said...
This comment has been removed by the author.
Merliza said...

c'est la vie :)

yuukisama said...

Hontoni? Benarkah?

MJ said...

@Merliza: hehe, iya.. lebih manis diucapkan dalam bahasa prancis ya.. C'est la vie :)

@Yuuki: Siapa itu Hontoni?? tokoh pewayangan baru kah yuuki???

nur aisya humaira said...

Bagus cerita pak tani ni...blh jdi kan tauladan..
Hanya Allah thu rencana masa depan hidup kita...:)

Masbro said...

Istilah jawa nya sawang sinawang. Pelangi selalu ada di atas kepala orang lain. Begitulah hidup, seperti kisah di atas (pak tani). Orang selalu mudah melihat punggung orang lain tapi kesulitan untuk memandang punggungnya sendiri..

MJ said...

@nur: iya, banyak hal yang sudah diatur dengan baik oleh-Nya. thanks nur.

@Masbro: Sawang Sinawang.. dapat tambahan kamus nih,, iya.. betul tuh mas.. :)

Ladyulia said...

wah
pak taninya luar biasa
salut
semoga saya bisa belajar sedikit2 untuk bisa mengambil hikmah dari semua yang terjadi pada saya

MJ said...

@Ladyulia: iya, semoga saya juga.. :) thanks lady..

Go-blogg said...

maaf baru mampir lagi ..
lagi banyak kegiatan dan persiapan buat prakerin..
makasih ka.

MJ said...

@Go-blogg: Its Ok adek... masih inget kakak ternyata :)

Narzis Blog said...

Hidup itu emang wajib untuk dinikmati.
Susah maupun senang, harus disyukuri, hihihi... :D

MJ said...

@Narzis Blog: Iya, susah maupun senang, harus tetep Narzis... hehe :)

Takuya said...

tetangga-tetangganya pada kurang kerjaan ya, nggosip mulu.. hihihi

aku pernah baca cerita yg mirip ky gini, tapi endingnya sedih.. soalnya~

anaknya pak tani itu tampan namun, karena cacat, gadis-gadis enggan sama dia. pas anak pak tani ga boleh ikut perang, laki-laki lain kan pada perang tuh, jadinya setelah perang selesai, laki-laki lain malah cacat lebih parah sehingga gadis-gadis mengejar anak pak tani yg tampan namun cacat itu..
anak pak tani trus milih seorang perempuan, hidupnya lalu bahagia..
istri anak pak tani meninggal, hidupnya jadi hampa, dia lalu malah suka mempermainkan perempuan.
Akhirnya anak pak tani itu meninggal saat sedang berzina dengan seseorang.

-hidup manusia tak pernah ada yg menduga..

MJ said...

@takuya: haha,iya kok krjanya pd gosipin pak tani mulu ya tu tetangga2 :D

wew,takuya komennya udah bs jd 1 postingan lg ni,hehe. Ooo,gt toh cerita complete nya, brati yg j baca bukan yg extended tuh:D iya,sedih endingnya,tp dr situ kita bs ambil plajaran jg jdnya, wlu sedang terpuruk,jgn pernah melakukan hal2 yg buruk yach, hmm,perlu diinget nih:) thanks ya takuya sharenya..

Home For You said...

visiting back nih, hehehe... nice blog :)

Post a Comment