Feb 22, 2011

Tanda Titik KBBI

Tanda Titik (.)


1. Tanda titik dipakai pada akhir kalimat yang bukan pertanyaan atau seruan.
contoh: Saya suka makan nasi.
Sebuah kalimat diakhiri dengan titik. Apabila dilanjutkan dengan kalimat baru, harus diberi jarak satu ketukan. Cara ini dilakukan dalam penulisan karya ilmiah.


2. Tanda titik dipakai pada akhir singkatan nama orang.
contoh:
Irwan S. Gatot
George W. Bush
Tetapi apabila nama itu ditulis lengkap, tanda titik tidak dipergunakan.
Contoh: Anthony Tumiwa


3. Tanda titik dipakai pada akhir singkatan gelar, jabatan, pangkat, dan sapaan.
Contoh:
Dr. (Doktor)
Ny. (Nyonya)
S.E. (Sarjana Ekonomi)


4. Tanda titik dipakai pada singkatan kata atau ungkapan yang sudah sangat umum. Pada singkatan yang terdiri atas tiga huruf atau lebih hanya dipakai satu tanda titik.
Contoh:
dll. (dan lain-lain)
dsb. (dan sebagainya)
tgl. (tanggal)
Dalam karya ilmiah seperti skripsi, makalah, laporan, tesis, dan disertasi, dianjurkan tidak mempergunakan singkatan.


5. Tanda titik dibelakang huruf dalam suatu bagian ikhtisar atau daftar.
contoh:
I. Persiapan Ulangan Umum.
A. Peraturan.
B. Syarat.
Jika berupa angka, maka urutan angka itu dapat disusun sebagai berikut dan tanda titik tidak dipakai pada akhir sistem desimal.
Contoh:
1.1
1.2
1.2.1


6. Tanda titik dipakai untuk memisahkan angka jam, menit, dan detik yang menunjukkan waktu.
contoh: Pukul 7.10.12 (pukul 7 lewat 10 menit 12 detik)


7. Tanda titik tidak dipakai untuk memisahkan angka ribuan, jutaan, dan seterusnya yang tidak menunjukkan jumlah.
contoh:
Nama Ivan terdapat pada halaman 1210 dan dicetak tebal.
Nomor Giro 033983 telah saya kasih kepada Michael.


8. Tanda titik tidak dipakai dalam singkatan yang terdiri dari huruf-huruf awal kata atau suku kata, atau gabungan keduanya, yang terdapat di dalam nama badan pemerintah, lembaga- lembaga nasional di dalam akronomi yang sudah diterima oleh masyarakat.
contoh:
Sekjen : (Sekretaris Jenderal)
UUD : (Undang-Undang Dasar)
SMA : (Sekolah Menengah Atas)
WHO : (World Health Organization)


9. Tanda titik tidak dipakai dalam singkatan lambang kimia, satuan ukuran, takaran, timbangan, dan mata uang.
contoh:
Cu (Kuprum)
52 cm
l (liter)
Rp 350,00


10. Tanda titik tidak dipakai pada akhir judul yang merupakan kepala karangan, atau kepala ilustrasi, tabel dan sebagainya.
contoh:
Latar Belakang Pembentukan
Sistem Acara


11. Tanda titik tidak dipakai di belakang alamat pengirim dan tanggal surat, atau nama dan alamat penerima surat.
contoh:
Jalan Kebayoran 32
Jakarta, 3 Mei 1997
Yth.Sdr.Ivan
Jalan Istana 30
Surabaya


12 komentar:

maspri said...

ia saya org tanjungpinang buk,mbk..ee sm ajalah ye xixi
akhrnya ktmu jg sama blogger tanjungpinang..dr kmren muter2 nyari blogger se daerah ktm cm satu...salam kenal,sya di bt 9...

MJ said...

@maspri: ok deh mas,,eh pak..:P wah, deket dong, boleh ni makan-makan depan pinang lestari, wkwkwk :P

Putri Baiti Hamzah said...

hmm,iya banget tanda titik yang berfungsi untuk mengakhiri suatu kalimat.
Aku sering tuh nggak bales sms temenku, habisnya dia nanya tapi pake tanda titik, ya ku pikir itu nggak niat nanyanya,hehhhe

Ceritaeka said...

sepertinya no.5 saya sering salah..
ma ksh infonya yah

MJ said...

@Putri: hehee,, iya juga tuh,, laenkali kalo dapet sms gitu ga bales juga ah:P

@Ceritaeka: saya malah banyak point tu yang salah:P, sama-sama eka..

Yhantee said...

:) serasa kembali ke bangku sekolahan... :) ternyata banyak kesalahan selama ini... makasih kak infonya... ^__^

mas pri said...

wkwkwk boleh boleh..sekalian kopdar(kopidarat) xixixi mang buka kedai dekat pinang lestari ya..?

Gaphe said...

tanda titik berarti juga bisa marah...

perhatikan aja kalo orang marah-marah nyuruh sesuatu, pasti akan bilang : POKOKKNYA SAYA MAU ITU... TITIK!!

MJ said...

@Yhantee: besok jangan salah2 lagi ya nak,,hehe, (sok guru amat ni kaka MJ) :)

@mas pri: maspri temanya kopi terus nih, tadi kopi kaki, sekarang kopi darat pulak:P saya ga buka kedai dekat pinang lestari mas, tapi ngabisin duit terus dekat pinang lestari :D

MJ said...

@Gaphe: hahaaa, iya iya, betul juga... tapi saya jangan dimarah ya mas gaphe... :P

pri crimbun said...

mbak MJ ni guru yah ??

MJ said...

@pri crimbun: hehee,bukan mas, kmrn nemu EYD KBBI gitu, takut ilang, jd mending disave diblog, gitu..

Post a Comment