Sep 10, 2011

Tempat Makan Enak di Tanjungpinang


Hayyoo, buat orang Tanjungpinang yang lagi bingung nyari-nyari tempat makan yang enak.. atau bapak/Ibu para turis yang baru datang kesini, kekota yang terkenal dengan gurindam 12 nya ini, berikut MJ kasi beberapa referensi.

Lain orang lain selera sih,, tapi sapa tau ada yang secocok juga... Ga bermaksud promosi (coz ga masuk iklan nih --"), cuma mau share hal yang bermanfaat saja.. n maaf buat tempat yang ga kesebut,, mungkin belum pernah nyasar kesitu. hm,,atau mungkin,, mau ngundang makan gratis sama temen-temen satu kantor?? ntar pasti dipublish deh, hehe ;)


1.
Seafood,
yang terkenal disini, dan jadi ciri khas adalah
Gonggong. buat yang belum pernah liat, tuh diatas penampakannya. Jadi inget kemarin waktu tamu dari Jakarta yang belum pernah makan, jadi guru private deh buat ngajarin cara makannya. mudah aja, cukup pake lidi tusuk gigi yang ada di meja (yang baru yach, jangan yang udah dipake :p) , tarik dagingnya keluar, pegang bagian runcingnya, dicelupin ke sambel, terus baru deh dicelupin kemulut. tapi, runcingnya jangan dimakan ya (keras n ga enak :p).

makanan seafood ini bisa kamu temui di
RM. Sei Enam di teluk keriting, pemandangannya bagus, view laut ada tempat duduk didalam n diluar juga,, bahkan ada tempat acara semisal buat pengantin, ultah atau acara lainnya.

Sabana, kalo tempat makan ini lebih kedalam masuk dari batu 5, makanan favoritku disini, udang tepung,, wuenak banget, n kepiting masak lada hitamnya....., yummy..

Madong, ga tau nama tempatnya, tapi didaerah madong, enak-enak juga nih..

2. Bakar-Bakar.
Kalo malam-malam enaknya konsumsi yang bakar-bakaran, di Batu 9, ada namanya
Johan, favoritku disini adalah.. sotong bakarnya. Owh buat yang ga kenal sama sotong, kalau disini namanya sotong, kalau dipulau jawa namanya cumi-cumi, kalau di negeri latin namanya loligo spp.. dan.. kalau di black pearl namanya the kraken :D Udang bakarnya juga ga kalah enak kok.


3. Sate Kambing.
Di batu 9 RM.Blitar,, ada kuah kacang n kecap. tinggal pilih aja, kalau aku sich suka dicampur aja keduanya, jadi pesen satu sate kambing dapat dua rasa sate kambing..haha. sop ayamnya juga lumayan enak n jangan ketinggalan minumnya, pesen es buah deh kalo disini,, seger.

4. Sotong Goreng.
di rumah makan gesek, sotongnya digoreng, tapi lembut, ga keras-keras bangetlah jadinya untuk seukuran sotong, n bumbunya enak meresap gitu..

5. Nasi Goreng.
Di Batu 16, sayang banget, sekarang tempatnya udah tutup... kemana lagi kucari Nasi Goreng yang enak itu... huhu..

6. Es Krim n Soto di Puncak, tempat ini bagus didatangi saat sore hari,, karena sesuai namanya tempat ini tinggi, viewnya laut dan kota tanjungpinang, cocok buat tempat nenangin hati.

7. Ikan Bakar
aku suka di
Pondok Ciung batu 5, bumbunya maknyuss,, kerasa bennerr..

8. Nasi Lemak
Belum ada yang bisa ngalahin Nasi Lemaknya di depan GOR Kawal. rasanya seperti salju.. serasa berada didimensi lain saat memakan nasi lemak itu.. kok bisa?? belum rasa, belum tau...

9. Rujak
DiBatu 2 rujaknya mang enak banget, tapi terkadang antrinya itu lhoo kalo siang-siang, yang dibatu 10 depan hotel comfort juga enak. hmm.. jadi pengen.. :P


Kayanya itu aja yang keinget sekarang ini,, buat teman-teman yang mau nambahin silakan ya,, bisa buat referensi saya juga, karena memang ga semua udah saya jelajahi tentunya.. Selamat Makan! ^_^

gambar:google.com

11 komentar:

Djangan Pakies said...

Assalamu'alaikum Mbak,
Tanjung Pinang, saya belum pernah menginjakkan kaki di sana, hanya nonton di tipi aja.

wah ada rumah makan Blitar ? jadi ikutan seneng nih.

saya juga belum pernah makan gonggong, sepertinya enak ya, soale saya penggemar kerang

John Terro said...

hanya ada 2 seafood yang aku suka
kerang sama udang, lainnya mah ga mau :D

Gaphe said...

yang paling bikin pengen dan belom pernah saya cobain ya tuh siput gonggongnya. sering liat liputannya di TV, cara makannya juga kudu diisep-isep, lebih enak kalo pake saos..

kalo lain-lainnya kayaknya dimana-mana juga gampang ditemuin deh :)

Geafry Necolsen said...

aku baru tau klo gonggong itu bisa dimakan..
rasanya kayak apa?

hmm.. jadi penasaran, ditempatku banyak kayak ituan, tapi ga ada yang makan..

Ami said...

Fotonya juga dong, wisata kuliner dulu gitu. satu macam makanan tapi penjelasan lengkap dengan fotonya, gimanaaaa?

pri crimbun said...

wah gong gong dah pernah masuk tipi... penamaanya agak unik juga tu kerang..

hem.. tapi kyaknya enak tuh...

ndop said...

waaah.. semuanya siap saya santab kalau ke tanjung pinang!!!

Bayu Hidayat said...

tanjung pinang. dekat dengan rumah di pekanbaru. wah ini benar benar reverensi makan yang manyus.

MJ said...

@Djangan Pakies: Wa'alaikumsalam wr.wb. iyah, rm,blitarnya cukup terkenal disini, tapi disana ga da RM.Tanjungpinang ya?hehe. mank enak banget kok si gonggong..

@Jhon Terro: Walah,, rugi jhon.. :)

@Gaphe: sekali coba ntar ketagian de..

@Geafry: masa? beneran gonggong ga? ada yang bentuknya gitu, tapi bukan gonggong..

@Ami: Wah, ide bagus mbak.. kapan-kapan deh kalo lg makan ntar dipublish lagi, thanks mbak..

@Pri Crimbun: bukan kayaknya.. tapi memang enaknya.. :)

@ndop: siap gerak! hehe.

@Bayu Hidayat: kalo dipekanbaru apa mas.. dibuat juga dong referensinya.. ^_^

Anonymous said...

buset jauh jauh ya..

Anonymous said...

Terimakasih bisa. Jadi referensi jika kunjungan ke Tanjung Pinang.

Post a Comment